02 May 2016

10 Kunci Sukses Belajar Bahsa Inggris Otodidak

Belajar bahasa inggris bisa memberikan hambatan tersendiri bagi sebagian orang, tapi jangan khawatir disini saya memiliki metode yang bisa membantu proses pembelajaran kamu. Untuk menjadi seorang ahli bahasa kamu harus menjadikan bahasa inggris sebagai bagian dari hidupmu serta berguna untuk masa depanmu.
Disini ada beberapa tip yang akan membantu kamu untuk membentuk suatu kebisaan yang ampuh menjadikan bahasa inggris sebagai bagian dari hidupmu.
1.      Rencanakan belajarmu
Belajar banyak bahasa tidak bisa dilaksanakan setiap waktu, kamu harus merencanakan waktunya, bagaimana metodenya dan kapan target menguasai bahasa tersebut. Waktu yang singkat namun konsisten lebih baik daripada belajar dalam waktu lama namun tidak konsisten, maka tidak butuh banyak waktu cukup lima sampai sepuluh menit setiap hari untuk mengulang hafalam vocab (kosa kata) dan melakukan latihan dalam bentuk klimat. Metode ini kwalitasnya hampir sama dengan mengikuti pelajaran didalam kelas yang dimimbing oleh guru bahkan bisa lebih cepat meningkatkan kwalitasmu. Baca juga Jurus Jitu Menghafal 50 Vocabulary Perhari
2.      Peraktikan bahasa inggris untuk mengkomunikasikan segala sesuatu yang kamu sukai
Kamu akan lebih cepat menguasai bahasa inggris jika kamu pemperaktikannya setiap saat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam belajar bahasa inggris tapi salah satu yang paling epektif melakukan sesuatu yang kamu nikmati. Misalkan hobi kamu adalah jalan-jalan, olahraga, pakaian, music, seni, membaca berita, cobalah kalukan semuanya dengan bahasa inggris. Cari majalah bahasa inggris atau website dimana kamu bisa menemukan lebih banyak hal tentang hobi kamu kemudian kamu pilih  waktu yang sepesifik untuk mengkombinasikan antara hobbi kamu dengan kemampuan bahasa inggrismu.
3.      Mendengarkan lagu
Salahsatu cara yang paling mudah dan paling menyenangkan untuk melatih pendengaran kamu adalah dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris. Kamu bisa mencari banyak lagu ataupun video berbahasa inggris di situs www.youtube.com. Putar mengunakan mp3 player sambil kamu menirukannya, kegiatan ini bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas apapun dan manfaat yang akan didapatkan adalah kamu akan mendapat vocab baru dan bagaimana cara pengucapan yang benar dari lagu tersebut.  
4.      Menonton film dan televisi
Menonton film atau pertunjukan yang berbahasa inggris adalah cara yang baik untuk meningkatkan level bahasa inggrismu. Ketika kamu menonton film kamu mendapatkan pelajaran bagaimana penyusunan kata yang benar dan beberapa logat pengucapan serta kosa kata yang baru.
Jika kamu menonton film modern dan pertunjukan televi kamu juga akan mendengar jenis-jenis English expressions atau mirip peribahasa (dalam bahasa indosesia) yang digunakan dalam komunikasi setiap hari. Film juga bisa mengajarkan banyak budaya berbahasa bagaimana orang-orang berinteraksi (kesopanan).  Kosopanan ini penting diketahui jika kamu mengunjungi Negara yang berbahasa inggris kamu akan menemukan budaya bahasa yang berbeda.
5.      Jangan takut salah
Kamu pasti pernah dengar bahwa salah adalah bagian dari pembelajaran dan tentu saja teori ini berlaku dalam belajar bahasa. Jadilah pembelajar yang berani karena salah tidak beresiko, teruslah mencoba walaupun tidak tau susunan grammar yang baik dan benar untuk pemula tidak perlu dimasalahkan. Guru yang baik akan berusaha mengerti apa yang sedang coba kamu katakana dan kemudian dia akan memperbaiki bagaimana seharusnya pengucapan kalimat tersebut. Jika kamu tidak melakukan kesalahan maka pendengar (orang lain) tidak akan pernah membantu mengoreksi untuk meningkatkan kwalitas bahasa inggrismu.
6.      Rekam dan dengarkan bahasa inggrismu
Belajar bahasa yang bagus adalah mengkeritik diri sendiri dan mencoba memperbaikinya. Kamu bisa melakukannya dengan merekam suaramu dan mendengarkan hasil rekamannya. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk metode ini. Kamu bisa menggunakan perekam leptop, hp, ataupun kamera lainnya. Rekam percakapan pendek atau ceritakan tentang sesuatu. Kemudian setelah dua minggu kamu melakukan rekaman lagi dan putarkan kedua rekaman tersebut bandingkan kemapuan bahasa inggrismu antara yang pertama dengan yang sekarang mana yang lebih baik? Simpan rekaman yang terbaik untuk dibandingkan dengan rekaman 2 minggu kedepan, lakukan terus aktivitas ini sampai beberapa bulan kedepan maka kamu akan merasakan perkembangannya.
7.      Mencoba menirukan
Semua orang mempunyai logat tersendiri, rata-rata pada pertama kali mereka belajar bahasa inggris hanya sedikit orang yang bisa menghilangkan logat aslinya. Bagaimanapun ini harus membiasakan telingamu untuk mendengar logat yang berbeda dan mencoba meniru logat mereka.  Kamu bisa melakukannya dengan mendengar percakapan pendek dari potongan video atau audio kemudian mencoba menirukannya. Coba juga menirukan intonasinya, bagaimana pengucapan jika si pembicara marah, sedih atau bahagia. Kamu tidak harus menirukannya dengan sepmurna, tapi dengarkan dengan seksama dan coba dengan logat yang berbeda ini bisa membantu melatih pendengaranmu lebih baik.
8.      Buat catatan
Kebanyakan siswa pergi kesekolah membawa buku catatan dan ketika pulang sekolah buku catatan masih kosong. Maka pastikan bahwa catatanmu berguna selama kamu belajar. Aturlah bagaimana kamu mencatat lebih rapi, Miliki halaman khusus tempat menuliskan vocab baru selama kamu belajar didalam kelas dan gunakan halaman lainnya sebagai catatan grammar. Ketika kamu menambah vocab baru pastikan kamu memberikan penjelasan seperti terjemeahan, pembagian kata (kata kerja, kata benda dan lain-lain), buat catatan untuk pengucapan spesifik yang dianggap sulit seperti “silent T” dan jangan lupa berikan contohnya.
9.      Buka kembali kamus
Meningkatkan kosa kata bahasa inggrismu adalah salah satu metode untuk mempercepat peningkatan kwalitah bahasa inggrismu. Kamu harus mengingat kosa kata baru selama kamu belajar bahasa inggris, kamu harus mengulang kosa kata tersebut. Hasil penelitian menunjukan kamu akan mengingat lebih banyak jika kamu mengulangnya setelah pelajaran diterima. Mulai dengan mengingat kembali kata-kata baru yang didapatselama 10 menit yang lalu, kemudian mengingat kata baru yang didapat pada 1 jam lalu, kemudian 1 hari dan 1 minggu dan 1 bulan. Ini akan sangat membantu kamu dalam menghafal kosa kata. Anda mau kursus gratis? baca Kursus Gratis 100% di Kampung Inggris Pare 
10.  Umumkan targetmu
Orang-orang belajar bahasa inggris didasari oleh banyak alasan, seperti untuk kepentinganbelajar keluar negeri, untuk bekerja atau jalan-jalan, dan tujuan untuk belajar berdampak pada bagai mana metode yang harus kamu tempuh dan apa yang harus kamu pelajari. Jika kamu memberi tahu gurumu tujuan kamu belajar bahasa inggris mereka akan membantumu untuk memberikan program yang sesuai tujuanmu agar bisa dicapai lebih cepat.
Saya berharap kamu bisa mengembangkan beberapa kebiasaan keseharian lainnya yang  bisa mmeningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu. 

No comments:

Post a Comment