02 May 2016

Jangan Terlalu Cepat Menilai Kehidupan

Ada seorang lelaki yang mempunyai empat anak laki-laki. Dia mengajari anak-anaknya untuk untuk tidak menilai segala sesuatu dengan cepat. Sehingga dia memberikan perintah kepada anak-anaknya untuk pergi dan mencari pohon pir yang berada di tempat yang jauh. Anak pertama pergi menuju daerah yang sedang musim dingin, anak edua menuju ke daerah yang sedang musim semi, anak ketiga munuju daerah musum panas, dan anak yang paling muda menuju ke negeri musim gugur.  
Ketika mereka semuanya telah pergi dan kembali kerumah, ayahnya memanggil mereka semua untuk mendeskrifsikan apa yang telah mereka lihat. Anak pertama menjelaskan bahwa pohon pir berbentuk jelek, bengkok, dan berbelit-belit. Anak kedua mengatakan pohon tersebut dipenuhi oleh pucuk-pucuk yang hijau dan penuh dengan harapan (akan manfaat). Anak ketiga mengatakan pohon pir dipenuhi bunga mekar yang baunya sangat harum dan terlihat sangat indah, ini adalah pemandangan yang paling berkesan yang pernah dia lihat. Anak keempat tidak setuju dengan semua yang dideskrifsikan oleh kakak-kakaknya; dia mengatakan pohon pir adalah kering dan layu, dan hidupnya telah berakhir (mati).
Ayahnya kemudian menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa mereka semua mendeskrifsikan dengan benar, karena mereka telah saling melihat pohon pir tapi hanya dari satu musim. Dia menceritakan kepada anak-anaknya bahwa kalian tidak bisa menilai sebuah pohon, atau seseorang hanya dari satu musim (kondisi). maka kesimpulannya siapa yang mereka anggap menyenangkandan dicintai adalah hanya bisa diukur dari akhir, ketika semua cerita hidupnya telah berakhir.   

Jika kamu menyerah ketika musim dingin, kamu akan kehilangan musim semi, kuhilangan indahnya musim panasmu, dan tidak berjumpa dengan musim gugur. Jangan biarkan satu musim merusak semua kebaikan. Jangan menilai hidup hanya dari kondisi susah. Lewatilah semua kesulitan niscaya kemudahan akan segera hadir.

1 comment:

  1. ssalamu'alaikum warohmatullahi.wabarakatu...
    saya nasrul dari Kota Banjarmasin salam kenal buat semuanya.sahabat-sahabat saya Tki dan Tkw.
    cerita yang benar- benar terjadi Asli nyata,100%. bukan rekayasa,Demi Allah Swt.benar-benar.nyata.
    kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang,Tki di malaysia jadi tki
    yg gajinya'tidak mencukupi keluarga dikampun jadi Tki itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2
    buka facebook dan tidak disengaja'saya melihat.komentar orang tentan.mbah sumanto.dan katanya bisa membantu
    orang untuk memberikan'nomor toto podi 4d yg di berikan oleh mbah sumanto betul dan Benar2 jackpot dan kebetulan
    juga saya sering pasang.nomor toto 6d dan magnum 4d di ,akhirnya saya coba untuk menhubungi.mbah sumanto dan,
    Alhamdulillah,beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto dan magnum 4D, diberikan mbah sumanto memang
    betul2 terbukti jackpot 100%. dan saya sangat bersyukur berkat bantuan'mbah sumanto kini saya bisa pulang ke
    INDONESIA untuk melunasi semua hutang2 saya dan buka usaha sendiri.mungkin'saya tidak bisa.membalas budi
    baik.mbah sumanto sekali lagi makasih Banyak,mbah dan bagi teman2 yg menjadi TKI atau TKW seperti saya,bila butuh
    bantuan Hub.mbah sumanto di No Tlpn 085313331069 atau (+62853-1333-1069) insya ALLAH beliau akan membantu anda.ini benar
    benar kisah nyata dari saya Ngatemi feriy iraan tki malaysia...Semoga barmanfa'at'kpd sahaat-sahabat yang
    membutuhkan Insya Allah,jangan ragu jangan takut sudah terbukti banyak.orang yang sukses.kalau mau bukti hubungi sekarang..

    ReplyDelete